PICTURI PE PERETI

Infeksi saluran kencing

87d7357b57c658e3d5797edb587fd3ab

Infeksi saluran kencing atau kemih adalah ganguan infeksi yang terjadi pada saluran kencing karena bakteri. Infeksi saluaran kecing ini biasanya terjadi pada wanita. Setidaknya separuh jumlah wanita didunia setidaknya mengalami infeksi saluran kecing ini. Ini dikarenakan orang intim wanita cenderung lembab. Dan tempat lembab adalah tempat yang paling disenangi oleh bakteri dan kuman.

Escherichia coli adalah nama kuman yang terkenal sering menyebabkan Infeksi Saluran Kencing ini. Sisanya bisa berupa bakteri, jamur bahkan virus bisa menjadi pemicu penyakit ini

Gejala jika seorang terkena Infeksi Saluran Kencing adalah terasa sakit saat buang air kecil dan sering buang air kecil. Bahkan pada penderita yang akut disertai demam dan nyeri panggul. Pada orang tua yang lanjut usia atau bahkan anak kecil, Gejalanya bisa sama atau bahkan tidak spesifik.

Berikut adalah rician Gejala Penyakit Infeksi Saluran Kencing

– Rasa Sakit saat atau bahkan sesudah BAK
– BAK yang sedikit bahkan Berulang ulang ( Anyang – Anyangan )
– Warna BAK merah mengandung darah atau terkadang kental berwarna coklat
– Disertai rasa sakit atau nyeri di pinggang
– Menggigil atau Demam ini adalah indikasi infeksi sudah mencapai ginjal
– Mual muntah rasa sakit dibawah rusuk

Kekambuhan juga bisa saja seign terjadi. Penyebabnya antara lain adalah anatomi atau bentuk tubuh wanita seperti yang disebutkan diatas, pada saaat penderita melakukan hubungan seksual, dan riwayat keluarga yang mewarisi penyakit ini.

17378_ini_penyebab_infeksi_saluran_kemih_pada_pria

Causes

Sistem urinal atau sistem perkemihan terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kencing muncul ketika bakteri masuk ke saluran kencing melalui uretra. Bakteri ini kemudian berkembang biak di kandung kemih. Jika sistem kekebalan tubuh di saluran kencing dan sekitarnya sedang melemah , bakteri dapat berkembang dengan cepat. Infeksi pun akan terjadi.

Infeksi saluran kencing yang paling sering terjadi lebih banyak terjadi pada perempuan. Infeksi ini menyerang kandung kemih dan uretra.

  • Infeksi kandung kemih (cystitis).
    Tipe ini biasanya disebabkan bakteri Escherichia coli (E.coli), yang umumnya ditemukan di saluran pencernaan. Infeksi bisa dipicu oleh hubungan seksual, tapi mereka yang tidak aktif secara seksual juga bisa terkena. Perempuan lebih rentan terhadap infeksi ini, karena jarak antara uretra dengan anus dan mulut uretra dengan kandung kemih sangat dekat.
  • Infeksi uretra (urethritis).
    Infeksi ini terjadi ketika bakteri di saluran pencernaan masuk ke anus atau uretra. Penyakit menular seksual seperti herpes, gonorrhea (kencing nanah), dan chlamydia juga bisa menyebabkan infeksi uretra. Hal ini terutama lebih sering terjadi pada perempuan, karena jarak antara uretra dengan vagina cukup dekat.

Risk Factor

Faktor penyebab risiko terkena infeksi saluran kencing, adalah :

  • Wanita. saluran Uretra wanita yang lebih pendek akan membuat membuat bakteri lebih cepat sampai ke kandung kemih.
  • Sangan aktiv melakukan seksual dan lalai dengan kebersihan kelamin.
  • Penggunaan alat KB.
  • Wanita yang telah menoupose dan sedang menoupose. Hormon estrogen yang menurun setelah menopause cenderung membuat infeksi lebih mudah terjadi.
  • Gangguan kesehatan pada saluran kencing.
  • Saluran kencing akibat penyakit gagal gijnal
  • Imunitas tubuh yang menurun..

Complications

Apabila tidak segera mendapatkan pengangan infeksi saluran kencing dapat menyebabkan penyakit lain yang lebih berbahaya. Komplikasinya berupa infeksi ginjal akut atau infeksi ginjal kronis. Kedua penyakit ini akan merusak ginjal.

Wanita yang sedang mengandung berisiko tinggi untuk melahirkan bayi dengan berat badan di bawah rata-rata atau prematur. Wanita yang mengalami infeksi saluran kencing lebih dari tiga kali kemungkinan akan terus menerus infeksi.


182352_wanitahandukts

Analisa

Analisa infeksi saluran kencing meliputi :

  • Analisa contoh BAK atau urine.
  • CT scan atau rontgen untuk pengambilan citra saluran kencing
  • Menggubakan kamrea kecil untuk menganalisa langsung menggunakan kamera kecil yang dalam dunia medis disebut Cystoscopy

Treatment

Infeksi saluran kencing dapat diatasi dengan antibiotik. Jenis dan berapa lama perawatannya dilakukan akan bergantung pada kondisi kesehatan dan tipe bakteri yang menginfeksi.

Infeksi yang ringan biasanya akan mereda setelah beberapa hari perawatan. Dokter juga mungkin akan meresepkan obat pereda nyeri (analgesik) untuk membuat uretra dan kandung kemih kebal. Tujuannya agar pasien tidak merasakan sensasi terbakar lagi ketika buang air kecil. Tapi, obat ini dapat membuat urine berwarna oranye atau merah.

Apabila penderita sudah lama mengalami infeksi saluran kencing ini maka kosnumsi antibiotiknya bisa memakan waktu lebih lama lagi. Dan apabila rasa sakit yang terjadi karena aktivitas seksual penderitanya harus segera meminum obat anti biotik tersebut setlah melakukan aktivitas seksualnya

Terapi estrogen akan sangat direkomendasika oleh dokter terhadap wanita yang sudah mengalami masa menopuse. Hormon estrogen cara penggunaanya adalah dengan dimasuka kedalam saluran vagina langsung yang tujuannya adalah untuk meningkatkan kekkebalan terhadap bakteri atau kuman penyebab infeksii. Dan khusus untuk penderita yang sudah parah cara penganangannya adlah dengan melakukan rawat inap dan memasukan obat obatnya biasanyta dilakukan dengan cara infus,


Melakukan PreventionInfeksi :

  • Minum air putih yang banyak. Sering buang air kencing menjadi bagus. Ini bisa jadi cara untuk membersihkan bakteri yang ada dengan cara membuang nya bersama urine.
  • Jangan pernah merebehkan kebersihan Alat kelamin.
  • Gunakan pakaian yang bersih minaml pagi dan sore gunakan yang baru
  • Setelah melakukan hubungan seksual minumlah air putih yang banyak. Ini berguna untuk melarikan keluar bakteri
  • Hati hati menggunakan sabuh pembersih vagina karena jika salah pilih akan mengakibatkan uretra dan vagina iritasi.

 

 

 

Shania

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fourteen − four =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>