PICTURI PE PERETI

ahok
Presiden Joko JokowiWidodo memecah keheningan pada hari Rabu (KPK) bergerak Komisi Pemberantasan Korupsi untuk nama pick nya untuk Kapolri berikutnya, Komisaris Besar. Jenderal Budi Gunawan, tersangka.

Di tengah harapan yang tinggi bahwa Jokowi akan menarik pencalonan Budi, mantan Gubernur DKI Jakarta pergi melawan arus dengan menolak untuk segera menyesuaikan salah langkah nya di tengah meningkatnya protes dari aktivis antikorupsi.Jokowi belum mengambil tindakan apapun menyusul keputusan KPK, dengan alasan bahwa ia masih menunggu dukungan resmi Budi dari DPR saat rapat paripurna, Kamis.

Kami menghormati KPK. Namun, kami juga menghormati proses politik di DPR, kata Jokowi.

Jokowi-jk juga menolak untuk mengambil menyalahkan kontroversi seputar pencalonan, dengan alasan bahwa keputusannya itu berdasarkan rekomendasi dari Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), yang ketua adalah Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Menteri Tedjo Edhy Purdijatno.

Aku bertanya tentang masalah seputar [Bank] akun. Aku bertanya Kompolnas dan saya juga menerima surat ini […] mengklarifikasi [Bank] transaksi rekening dan penyelidikan tidak menemukan penyimpangan.

Kemudian pada Rabu malam, KPK meminta Jokowi untuk tidak melantik Budi.

Saya masih percaya bahwa Pak Jokowi akan menghormati hukum dan mematuhi Konstitusi. Sikap kami selalu konsisten dan tegas berkaitan dengan tersangka korupsi, baik kepala daerah atau Rumah anggota parlemen. Siapapun yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK tidak boleh disumpah-in sebagai pejabat pemerintah, kata wakil ketua KPK Bambang Widjojanto. sementara itu wakil presiden Jusuf Kala tampak tidak ada komentar tentang hal ini

Jokowi sebelumnya dikesampingkan Budi untuk jabatan menteri reformasi administrasi dan birokrasi pada bulan Oktober karena kekhawatiran KPK tentang kerentanan untuk penyelidikan korupsi.Sebelumnya pada hari itu, DPR membolak hidungnya di langkah KPK untuk nama Budi tersangka dengan mendukung pencalonannya, membuka jalan bagi pelantikan tak terelakkan.

Komisi III DPR mengawasi hukum dan hak asasi manusia secara bulat mendukung pencalonan kontroversial Budi dalam sidang konfirmasi, di mana anggota parlemen memungkinkan dia untuk mengklarifikasi tuduhan korupsi yang dilontarkan terhadap dirinya.Dalam persidangan, Budi dianggap langkah KPK untuk nama dia tersangka dalam kasus suap sebagai ilegal” mengingat bahwa ia tidak dipertanyakan oleh tubuh antigraft sebelum pengumuman.

Budi juga meyakinkan anggota parlemen untuk mendukung pencalonannya dengan menguraikan agenda untuk gaya, yang termasuk memprioritaskan upaya pencegahan korupsi, bukannya penuntutan korupsi.

Saya pikir sosok yang terampil dapat fokus pada langkah-langkah pencegahan lebih penting karena mencegah lebih baik daripada penegakan hukum. Menghukum koruptor akan gagal untuk memberikan efek jera. Melakukan hal sebaliknya akan berkembang biak lebih banyak koruptor, kata Budi, menanggapi permintaan untuk pemikirannya tentang kualitas dua calon komisaris KPK, salah satunya adalah harus didukung oleh DPR akhir bulan ini.

Jawabannya cepat memenangkan dukungan dari Komisi III anggota parlemen, termasuk wakil ketua Desmond Junaidi Mahesa.

KPK tidak pernah dididik orang pada pencegahan,kata Desmond, seorang politisi dari Partai Gerindra yang dikenal sebagai kritikus setia KPK. KPK selalu berpikir itu benar. Ini seperti Tuhan republik ini, katanya.

Ketika sidang konfirmasi dibungkus, Budi dijamin dukungan dari sembilan dari 10 faksi-faksi politik di DPR. Setelah ia mengambil sumpah jabatan, Budi akan menjadi tersangka korupsi pertama yang memimpin lembaga penegak hukum tertinggi negara itu.

AhokĀ  atau basuki tahja purnama seorang Kristen keturunan Cina, mengatakan protes FPI adalah ofensif dan bertentangan dengan UUD 1945, menambahkan bahwa ia akan mengajukan surat resmi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dalam upaya untuk membubarkan organisasi garis keras.

“The FPI memprotes saya karena saya seorang Kristen. Itu bertentangan dengan Konstitusi, “kata Ahok kepada wartawan di Balaikota, Senin.

Ahok mengatakan ia menghadiri sebuah sekolah Islam dari SD sampai SMA dan mengetahui bahwa Islam mengikuti nilai rahmatan lil alamin (rahmat bagi semua orang) – yang berarti bahwa itu tidak mendiskriminasikan orang lain, termasuk orang-orang dari agama yang berbeda.

Dia menambahkan bahwa tindakan FPI intoleransi yang memalukan Islam dan masyarakat Islam.

“Mereka mempermalukan agama mereka sendiri. Organisasi tidak layak untuk ada. Saya telah menulis sebuah surat rekomendasi dan akan mengirimkannya ke [menteri] besok [Selasa] untuk melarang FPI, karena tindakannya bertentangan dengan Konstitusi, “kata Ahok.

Ahok adalah salah sedikit pejabat pemerintah yang berani untuk menghadapi organisasi garis keras, bahkan dengan jenderal polisi cenderung menghindari konfrontasi tersebut.

Ribuan pengunjuk rasa dari beberapa organisasi Islam, termasuk FPI, yang mengaku mewakili mayoritas warga Jakarta, menggelar unjuk rasa di depan Balai Kota dan berteriak menghina Ahok, seperti “Ahok adalah keturunan iblis!” Dan “Sombong Ahok harus digulingkan! ”

Ahok mengatakan intoleransi FPI, penggunaan kekerasan atas nama Islam menentang Konstitusi
Surat merekomendasikan pembubaran FPI akan diajukan dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia

Sejumlah demonstran, termasuk Ketua FPI Muhammad Rizieq Shihab, diterima oleh Abraham “Lulung” Lunggana dan Muhammad Taufik, dua wakil ketua Dewan Kota dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra.

Shania

View more posts from this author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

sixteen − five =

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>